7 Tips Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Android Terbaik

Cara menghemat data internet android

Cara menghemat data internet di android - Kuota adalah nyawa kedua bagi smartphone setelah baterai. Kegunaannya bahkan juga menjadi nyawa kedua bagi pemilik smartphone yang aktif mengakses internet. Namun penggunaan yang terus menerus berakibat pada borosnya pengeluaran akibat untuk membeli kuota. Harus ada tips cara mengehemat kuota internet pada smartphone Android yang Anda gunakan jika tak ingin tekor kuota.

Langkah-langkah dan kiat berikut ini termasuk cara terbaik untuk menghemat kuota. Bisa dicoba untuk Anda terapkan salah satunya atau beberapa diantaranya. Berikut ini rinciannya.

Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone Android


1. Pakailah Aplikasi android SAVEit
Aplikasi SAVEit berguna untuk melakukan kompresi pada setiap data yang masuk agar pengguna bisa mengakses internet lebih lama namun kuota yang dihabiskan sama. Cara kerjanya cukup unik. Gambar dan situs yang diakses oleh pengguna akan dikompres oleh aplikas ini tanpa mengurangi kualitasnya.

2. Menghapus Aplikasi Tidak Penting
Tanpa disadari, beragam aplikasi dalam smartphone Android kita ternyata juga memakan kuota. Karena itu cobalah kenali aplikasi-aplikasi yang terbawa dalam android lalu pilih yang diperlukan saja. Aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus, karena aplikasi ini kadang memakan kuota tanpa disadari pemiliknya.

3. Gunakan Yang Versi Lite Saja
Berbagai aplikasi terutama media sosial kini tersedia dalam versi lite. Artinya aplikasi tersebut hanya sedikit menyita ruang memori RAM. Selain ringan, aplikasi seperti Facebook, Youtube, Twitter dan lite versi lite terbukti lebih menghemat kuota.

4. Pandai-Pandai Mencari Promo Setiap Operator
Jurus satu ini memang ampuh diterapkan. Apalagi jika daerah kita sudah terjangkau oleh semua layanan internet dari berbagai operator. Tinggal update terus informasi tetnang promo masing-masing operator. Lebih-lebih jika android yang Anda pakai mendukung GSM dan CDMA, wah bisa tambah seru.
    Memang promo masing-masing provider berbeda-beda. Ada yang mudah dimengerti ada pula yang ribet dengan pembagian jam siang maupun jam malam. Jadi pandai-pandailah mempertimbangkan akan pakai provider yang mana. Gonta-ganti kartu untuk internetan tak masalah, sebab penghematan adalah tujuan utama.

5. Pakai Layanan Chatsim
Nama ini mungkin masih asing bagi sebagian besar pengguna android di Indonesia. Memang Chatsim bukanlah provider lokal melainkan provider internasional. Mereka menghadirkan layanan kartu SIM yang khusus digunakan untuk mengakses bermacam situs media sosial. Misalnya Facebook, Line, Telegram, WhatsApp dengan biaya hanya 210 ribu per tahunnya. Tertarik? Silakan kunjungi wesbite resminya di Chatsim-Indonesia.com.

6. Pakai Aplikasi Firechat
Firechat adalah aplikasi chatting yang sama sekali tidak menggunakan kuota internet. Aplikasi ini jsutru menggunakan sinyal bluetooth dan Wifi dari satu ponsel ke ponsel lain yang sama-sama memasang aplikasi Firechat. Sayangnya, aplikasi ini hanya support untuk produk Apple saja, seperti Iphone.
    Meskipun hanya bisa dipakai dalam jarak maksimal 70 meter saja, tetapi Firechat bisa kita gunakan di daerah yang sinyalnya lemah bahkan tanpa sinyal sekalipun. Karena memang yang dipakai adalah sinyal Bluetooth antar ponsel. Jadi kalau cuma dalam jarak dekat Anda bisa gunakan aplikasi ini untuk chatting dengan rekan Anda.

7. Pakai Aplikasi Pengontrol Pemakaian
Ada beberapa aplikasi yang berfungsi sebagai ‘pengawas’ saat Anda mengakses internet. Aplikasi tersebut akan melaporkan berapa kuota data yang terpakai, atau melaporkan perkiraan kuota data yang akan termakan, sehingga Anda bisa menahan diri untuk mengakses situs tertentu yang berat.

Beberapa aplikasi penghemat data jenis ini misalnya.
  1. Internet Speed Mater Lite
  2. Data Usage Monitor
  3. Opera Max
  4. My Data Manager
Nah dengan 7 tips cara menghemat kuota internet pada smartpone terbaik ini, semoga Anda tidak bangkrut kuota lagi. Selamat mencoba.

baca juga artikel lainnya:
  • 6 Tips Menghindari Aplikasi Pencuri Data Pribadi
  • Tips Memperkuat Sinyal GSM di Smartphone Android
  • Facebook Comments

    0 komentar