Cara Selamatkan Data Pada Smartphone Saat Layar Mengalami Kerusakan

Gambar smartphone android rusak

Layar smartphone Anda rusak? Dari yang awalnya touchscreen menjadi layar anti sentuh? Tentunya pusing sekali karena untuk memindah data sekalipun jika layar sentuhnya tidak berfungsi jelas tidak bisa juga. Apalagi jika ditambah dengan layar mati atau bahkan pecah. Tapi kali ini kami punya saran terkait cara selamatkan data pada smartphone saat layar mengalami kerusakan.

Layar yang menjadi satu-satunya jalan akses ke berbagai data penting dalam smartphone adalah ibarat mouse pada komputer. Jika layar sudah mati, rusak atau pecah, maka akses pun menjadi sulit. Mengganti layar mungkin adalah pilihan pertama. Namun jika ternyata harganya plus ongkos servis nanti malah sama dengan atau nyaris setara harga ponsel baru, tentunya kita memilih beli yang baru.

Kondisi terparah yang mungkin terjadi pada smartphone adalah ketika layar mati, pecah dan tak bisa hidup sama sekali. Namun jika baterai smartphone masih bisa diisi daya dan ponsel masih bisa hidup, meski layar tidak menyala, maka langkah-langkah berikut ini bisa Anda coba untuk menyelaatkan data di smartphone Anda yang layarnya rusak.

Cara Selamatkan Data Pada Smartphone android Saat Layar Mengalami Kerusakan

1. Cara Selamatkan Data Pada Smartphone Saat Layar Rusak Masih Menyala
Kasus pertama adalah ketika layar smartphone mati, rusak atau tidak bisa berfungsi namun masih menyala dan masih menampilkan gambar. Maka trik ini bisa dilakukan.

Persiapkan kabel USB dan mouse serta microSD yang akan digunakan menampung data. Bisa juga langsung sambung ke komputer atau PC. Selanjutnya tancapkan mouse ke USB OTG lalu hubungkan dengan smartphone. Setelah sambungkan smartphone ke komputer. Jika menggunakan microSD masukkan ke dalam smartphone.

Nah kini data Anda dalam smartphone bisa dipindah ke komputer ataupun microSD dengan bantuan mouse.

2. Cara Selamatkan Data Pada Smartphone Saat Layar Mati Total, Gunakan Aplikasi Ini
Pada kasus ini lebih parah lagi. Soalnya selain layarnya rusak tapi juga mati. Kita tidak tahu apa-apa meski digerakan pakai mouse. Nah, tetapi selama smartphone masih bisa hidup maka trik kedua ini masih bisa Anda terapkan. Sama seperti poin pertama di atas, persiapkan kabel USB OTG, mouse dan komputer. Setelah terpasang semuanya, Anda perlu mengunduh lalu menginstall program jenis VNC (Virtual Network Computing) agar bisa mengakses smartphone dari komputer.

Contoh program jenis ini di Play Store adalah VNC Viewer, VNC Viewer For Android, dan sejenisnya. Unduh dan install aplikasi di komputer dan smartphone. Dengan aplikasi ini maka Anda bisa mengakses dan menjelajah folder data dalam smartphone lalu segera memindahkannya ke komputer.

3. Cara Selamatkan Data Pada Smartphone
Saat Layar Saat Semua Cara Tak Berhasil Jika kasus pada smartphone Anda telah parah sehingga tak bisa diakses sama sekali, atau setelah menggunakan cara-cara sebelumnya tak berhasil adalah dengan membawanya ke tempat servis. Opsi ini memungkinkan Anda untuk memperoleh kembali data yang ada dalam smartphone Anda yang telah rusak.

Tentunya opsi terakhir ini memang butuh biaya yang mungkin saja tidak sedikit. Tetapi demi keamanan data serta pentingnya data yang ada, tak apalah berkorban. Jika memang Android Anda sama sekali tidak bisa digunakan lagi, mintalah tukang servis untuk memindahkan datanya ke komputer atau ke microSD. Syukur-syukur kalau masih bisa diperbaiki.

Nah, begitulah beberapa cara selamatkan data pada smartphone saat layar mengalami kerusakan. Semoga membantu Anda yang sedang pusing karenanya.

Artikel lainnya:
  • Ciri smartphone sudah di root
  • Tips cara menghemat kuote internet di hp android
  • This Is The Newest Post
    Facebook Comments

    0 komentar



    This Is The Newest Post